1

MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN VIA MS EXCEL

excel logo                                                      

Microsoft Excel

 Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platformPC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.

 

Fungsi – fungsi pada Microsoft Excel :

SUM

SUM adalah fungsi untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu.

MAX

MAX  adalah fungsi untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range.

MIN

MIN adalah Fungsi untuk mencari nilai terendah dari suatu range.

AVERAGE

Untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range.

IF

IF adalah Formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika itu benar atau salah.

HLOOKUP

HLOOKUP adalah fungsi untuk mengambil data dari tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Dan menghitung data referensi secara Horizontal.

 VLOOKUP

untuk mengambil data dari tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Dan menghitung data referensi secara vertikal.

Left

Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kiri suatu teks. Bentuk umum =LEFT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
Mid

ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian  dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars). Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.

Right

Fungsi right digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.

Count

Fungsi count digunakan untuk mencari jumlah angka.

Len

Digunakan untuk menghitung jumlah karakter pada suatu teks. Bentuk umum =LEN(text)

Berikut cara mengoperasikan Ms Excel :

  1. Buatlah tabel data, berikut contoh tabel data Laporan Keuangan Rumah Sakit Margono.1
  2. Pada tabel Kelas masukkan fungsi =VLOOKUP(LEFT(C6;1);$N$19:$P$22;2;FALSE),pada setiap pengisian table array dilakukan penguncian dengan menekan tombol F4 pada keyboard (N19:P22 dikunci menjadi $N$19:$P$22)2
  3. Pada tabel Ruang masukkan fungsi =VLOOKUP(RIGHT(C6;1);$N$13:$O$17;2;FALSE).3
  4. Pada tabel pengisian Tahun Bangunan masukkan fungsi =1&MID(C6;2;3).4
  5. Pada tabel Lama Menginap masukkan fungsi =SUM(E6-D6)+15
  6. Pada tabel Tarif yang dibayar masukkan fungsi =VLOOKUP(LEFT(C6,1),$J$19:$L$22,3,FALSE).6
  7. Pada tabel Pajak 10% masukkan fungsi =(J6*10%).7
  8. Pada tabel Total Bayar masukka fungsi =(J6+K6).8
  9. Untuk mencari Total Pendapatan ,maka masukkan fungsi =SUM(L6:L15)9

Demikian Tutorial Pengoperasian MS Excel dalam membuat laporan keuangan.

Semoga bermanfaat.

TERIMA KASIH 🙂

 

 

 

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *